Saturday, October 4, 2014

5 Point that forbidden in trans jakarta busway...

Ramzi Smart Travel | 5 point that forbidden doing in bus way trans jakarta  | As a moda transportasi that is to be priority a jakarta province government . Trans jakarta as a choice of big part by a citizen in jakarta , beside the other moda transportations. Great honestly the trans jakarta had been a good branded  for transportasion in jakarta that must be developed and enhance the quality step by step in the future. Good enough in security especially for a women , where have a place for only women . So this term and service make it superior compare the others bus moda transportations. Special halte and can not up and down from any others place is a good answer for jump solutions in jakarta. And all of trans jakarta bus with junctions and low ticket cost make many people decide to used this bus , especially the cooling system make a tired can resolve cause of minimal dehydrations and a narrow place and crowded inside a bus.

 trans jakarta merupakan pilihan masyarakat jakarta pada umumnya . Jujur saja menjadi branded yang sangat menjanjikan dan dipilih . Pengamanan yg cukup baik terutama bagi penumpang wanita dengan adanya balkon khusus untuk penumpang wanita membuat moda transportasi lain kalah . Turun dan naik di halte - halte yang telah di tentuka membuat jawaban kecil atas kemacetan-kemacetan yang bisa terjadi di sepanjang jalan yg di lalui. Menggunakan mobil-mobil yang ber ac membuat keletihan karena dehidrasi bisa di atasi meski dengan kondisi yang sempit dan berdesak-desakan . Aturan-aturan yang di buat cukup baik dan beretika membuat transportasi trans jakarta ini menjadi pilihan disamping harga yang cukup terjangkau untuk kantong pegawai dan masyarakat golongan menengah ke bawah.


5 points that forbidden doing inside of trans jakarta :

5 hal yang dilarang di lakukan di atas bus way trans jakarta :

1 . Speed of the bus max is 50 km / hour
Driver cannot drive a bus of trans jakarta for more then 50 km / hour , its different with another bus that driver alway speed and harm the pedisterian or other small car. High speed make the accident rate are increase in jakarta. anothers mention of the trans jakarta is the special ways that only used by a transjakarta bus. But it line always used too by anothers car that forbidden but it conditions always made doubt in a case heavy jump and crowded , so this conditions always make a time spend a way be delayed and more longger then before. but for the people this moda still a choice for going any where although the queue in the bus door more longger too. It can we seen in harmony centre of bus way trans jakarta stations like a line to kalederes , Pulo gadung PGC and others that seen so long queue in a selected time especially morning and afternoon .

1 . Maksimal kecepatan kendaraan adalah 50 km per jam
Sehingga tidak boleh ada sopir trans jakarta yang ugal-ugalan dan sebaliknya armada tertentu moda transportasi di jakarta yang sering mengalami kecelakaan atau tabrakan bahkan tabrak lari akibat sopir yang ngebut-ngebutan . Jalur khusus yang dibuat harusnya lebih mempercepat proses transportasi itu sendiri , namun banyaknya kendaraan pribadi yang masuk ke jalur bus way akhirnya membuat transportasi ini menjadi lambat. Meski begitu transportasi trans jakarta tetap menjadi pilihan warga hal ini terlihat dengan makin panjangnya antrian warga yang ingin menggunakan moda transportasi ini. panjangnya antrian dari dan ke terminal kali deres , pulo gadung , pgc dll yang bisa di lihat secara kasat mata apalagi pada saat saat pagi dan sore hari . Ini menggambarkan semakin tingginya minat masyarakat yang beralih ke transportasi massa dari kendaraan pribadi. Bagi pemerintahan provinsi jakarta yang masih menjadi PR adalah kenyamanan dalam hal evaluasi jalur-jalur yang macet dan antrian panjang tadi ..harus di jadikan prioritas untuk penambahan kendaraan sehingga kenyamanan dan sekaligus ke amanan menjadi terjamin.

2 . Special seat order especial for an old people , mafformasi of  soul or invalid , gravide women orwomen with a baby.
Used a guidline with consistence it may make this trans jakarta be a choice of the jakarta citizen , good feeling and sosial attent of the passanger will be hope , although had been queue so long time but must be keep to give .its site to the people whose more needed.. But in the future must be thinking tothe management must to made a guidline to stop add the passenger to prevent passangger to push and pull anothers passengger and save for all

2 . Mengutamakan  tempat duduk untuk Orang tua , orang cacat , Ibu-ibu hamil dan ibu-ibu yang
     mengendong anak.
Dengan menerapkan aturan ini secara baik dan konsisten dengan  aturan yang ada membuat transportasi ini menjadi pilihan semua lapisan masyarakat , rasa kemanusian yang tinggi dari penumpang sangat di harapkan meski telah mengantri lama namun mesti juga bermurah hati untuk mereka0mereka yang lebih membutuhkan kursi . Namun kedepannya harus di buat aturan yang tertulis juga jika kendaraan sudah cukup untuk mencegah penumpang berdesak-desakan agar terhindar dari kecelakaan dan gangguan keamanan.

3 . No smoking in the bus
Its a standard  guidline or law in a developed country , but the other moda transportations never used this term , and more amazing the driver and co driver of the bus so proudly to be seen their smoking style. And without see a situations around

3 . Tidak boleh merokok
Ini adalah aturan standar yang sampai saat ini tidak pernah di terapkan oleh moda angkutan lain , bahkan lebih jeleknya lagi sopir dan knek yang ada di mobil bus tersebut secara terang-terangan atau vulgar mempamerkan style mereka merokok di depan umum . Tanpa adanya perhatian dan etika serta tidak melihat penumpang di sekitar nya yang merasa terganggu dan menjadi perokok pasif akibat tindakan sembrono tersebut,

4 . No food and drinks
This guideline seen to  be good enough and support health and clean of the bus. This guideline  had been used in many big city in the world like singapore , hongkong , and others. Its diferent with another moda transportations.

4 . Dilarang makan dan minum di dalam kendaraan
Peraturan ini juga di pandang cukup baik dan sangat menunjang masalah kesehatan dan kebersihan. Hal ini juga banyak di terapkan oleh moda angkutan di kota-kota besar dunia seperti singapore , hongkong , amerika dan eropa. kenapa tidak . Coba perhatikan angkutan umum lain yang terlihat kotor dan sampah yang berserakan . Sebaiknya ini juga menjadi perhatian bagi pemerintah dan pengelola angkutan lainnya , Sehingga nantinya juga akan menjadi pilihan penumpang jika tidak jangan harap akan menjadi pilihan penumpang nantinya. Dan hebatnya lagi aturan larangan para pengamen di atas kendaraan trans jakarta dan juga pencopet tentunya perlu di pertahankan dan bahkan di tingkatkan.

5 . No sexual hazard to the women in the bus

5 . Dilarang melakukan pelecehan seksual dan etika pada wanita
Gambar ini mendeskripsikan secara gamblang kepada para kaum adam untuk berhati-hati dengan etika dan kelakuannya. jaga tangan anda jika tidak mau berurusan dengan masalah hukum . jaga tingkah laku . kerap permasalahan yang terjadi di bus-bus transportasi jakarta dulunya yang memakan korban kaum wanita . Pelecehan dan tindakan tidak beretika kerap terjadi. dengan peraturan ini kejadian ini dapat di cegah secara dini seperti menempatkan wanita pada balkon khusus wanita di depan sehingga tingkat pelecehan ini terasa jauh berkurang . sebenarnya kondisi ini tidak ada dan jarang ada di dunia lain atau kota lain yang ber aturan hukum tegas dan keras. Namun di indonesia karena rendahnya konsekwensi hukum pada kasus - kasus ini di indonesia membuat upaya pencegahan mesti di lakukan.

Tampaknya pembelajaran dengan aturan yang di buat tegas dengan sanksi - sanksi yang tegas dan memberi efek jera harus terus dan selalu di galakkan agar transportasi di jakarta dan indonesia nantinya akan semakin baik dan aman serta nyaman.

Kata kuncinya tentu transportasi yang berjejal dan berdesak-desakkan harus di hapuskan. Jawabannya tentu jumlah kendaraan busway trans jakarta yang harus di tambah . Dan jangan mengharapkan keuntungan besar untuk suatu moda transportasi massa seperti ini , bisa dan harusnya bisa.

Dan aturan ini harus di terapkan kepada sopir dan penegak hukum . Saya teringan ketika berkendaraan bus di kota singapore dan hongkong di mana saat menstop bus di halte bus tersebut tidak berhenti karena sudah penuh dan perlu di catat bahwa di dalam bus tidak pernah atau jarang sekali ada penumpang yang berdiri , apalagi berjejal seperti sardens yang kita lihat di jakarta..

Demikian tulisan ini hanyalah sebuah ungkapan hati sebagai penumpang bus trans jakarta yang kerap dan telah merasakan langsung keadaan sebenarnya . dan tulisan ini dapat menjadi referensi kedepan dalam memperbaiki moda transportasi bus trans jakarta kedepan bagi pengelola trans jakarta dan pemerintah provinsi DKI..,.

No comments: